Wo shi . . .

have you see my face? Small eyes and cubby. If I am not wearing my hijab people will see me as chinese. [maybe… ]

And the last day, my dean come to our Lab, speak to every one ask the something with chinese (I dont understand correcly). There only tho foreign student in the room, he speak English with my friend and when he speak with me, he speak in chinese more than one sentence and I don’t give any response until my chinese friend help me answer his question.

Siang itu, seperti biasa aku duduk di Lab sibuk denga pekerjaanku, lalu datang mr. dean dengan Ali yang juga foreign student untuk claim bangku di Lab. Karena sejauh ini dianya belum ke Lab dan butuh persetujuan supervisor untuk stay di Lab. Karena lab juga terlelihat sudah penuh beliau mulai menanyai satu persatu mahasiswa yang ada entah tanya apa jelasnya tapi kurasa tanya siapa supervisor mereka dan dimana mereka harusnya duduk atau semcam itu untuk melihat apakah ada bangku kosong. Dia menjelaskan kepada Ali denga bahasa english, lalu dia bertanya kepadaku dan menggunakan bahasa china, bukan hanya satu kalimat tapi lebih dari satu pertanyaan yang tidak aku mengerti, dan aku hanya diam membisu tak mengerti maksudnya apah, sampai salah satu teman china ku membantu menjawab pertanyaan beliau nya.

Entah apa yang dikipirkan oleh mr. dean, mungkin ketika beberapa saat melihat chinese student trusan liat aku jadi kebawa annya masih pengen ngomong china, atau tanpa sadar beliaunya ngomong china karena aku bermodal muka cina. Mungkin kalau seandainya aku mengerti apa yang dia katakan dengan baik dan benar aku benar benar akan menjadi seperti anak china beneran.

Tapi seriously ini bukan kali pertama status ku terhitung sebagai chinese. Pertama kali datang yang orang indo saja panggil aku nya dengan sebutan chi, padahal kalau dengan yang lainnnya mereka panggil kak. Lalu lagi di tanya marga aku apah, kekeh kubilang engga ada dianya bilang pasti seharusnya punya walaupun itu cuma marga doang tanpa nama china. Ya Allah seriusan, aku ga punya marga china atau nama china. Aku bukan orang china, cuma aja mata sipit keturunan dari kakekku, mungkin bliau yang chinese, entahlah.. Allah yang maha tahu akan hal itu.

Leave a Reply

